Minggu, 03 Juni 2018

Perbedaan Docker dengan Virtual Machine

Assalamualaikum...



Perbedaan dasar antara Docker dengan Virtual Machine terletak pada metodenya, seperti yang diterlihat di atas yaitu aplikasi berjalan di atas Hypervisor dan Guest OS, sedangan Docker dia menjalankan aplikasi langsung tanpa Hypervisor dan Guest OS. Docker sendiri juga dilengkapi dengan fitur sandbox yang menjamin para Developer dan Sysadmin tidak terganggu.

Sandbox dalam istilah keamanan komputer ialah mekanisme pemisah aplikasi atau program tanpa menggunakan host. Bagi pengembang sandbox menjamin aplikasinya dapat berjalan tanpa ada gangguan atas perubahan lingkungan host. 

Sedangkan untuk sysadmin itu sendiri menjamin host server yang dikelolah tidak diganggu dan dapat melakukan update tanpa tankut mengganggu aplikasi lain yang sedang berjalan.

Jadi dengan adanya Docker, Developer dapat mengefektifkan waktu mereka dengan menghilangkan proses konfigurasi yang cocok dengan programnya. Selain itu juga berkat fitur sandbox pengembang leluasa untuk berkreasi tanpa takut merusak programnya. 

Terakhir docker menjamin program yang kita buat akan selamanya berjalan seperti seharusnya. Pemaketan aplikasi dan seluruh kebutuhnannya, memastikan aplikasi berjalan lancar dalam kondisi lingkungan seperti apapun itu.

Keuntungan menggunakan docker :
  • Efisien
  • Dapat melakukan pengujian dan distribusi secara terus menerus
  • Platform Multi-Cloud
  • Tidak memakan banyak biaya 
  • dll
Baca juga Pengenalan Docker


Sekian,
Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum ^.^

" Jika kamu tak tahan LELAH nya BELAJAR , Maka kamu akan menanggung PERIH nya KEBODOHAN " - Imam Syafi'i

My Channel

Popular Posts

Text Widget

Unordered List

Search This Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

about l'm not someone else hehe^-^